PURNABAKTI

PURNABAKTI

Bandung | 03 – 05 September 2014 | Rp. 5.500.000,-/orang 
Bandung | 22 – 24 Oktober 2014 | Rp. 5.500.000,-/orang 
Bandung | 10 – 12 Desember 2014 | Rp. 5.500.000,-/orang 

 

 

Deskripsi Training Purnabakti:

Setiap pegawai atau karyawan menyadari akan ada saatnya mereka harus pensiun, tetapi tidak semuanya menyadari kondisi yang akan dihadapi dan mengetahui apa yang harus dilakukan setelah masa purnabakti. Secara umum, pegawai atau karyawan pada saat purnabakti akan mengalami perubahan yang sangat drastis. Menurut Turner dan Helms (1982), pada saat purnabakti pegawai akan mengalami masalah-masalah yang terkait dengan berkurangnya aktivitas kerja, menurunnya penghasilan, berkurangnya harga & percaya diri, hilangnya kewenangan, menurunnya motivasi & kreativitas, berkurangnya kestabilan emosi, serta menurunnya kesehatan fisik dan mental. Lebih jauh, menurut penelitian Liem & Liem (1978), masa purnabakti dapat membawa dampak fisiologis antara lain gastrointestinal, gangguan saraf, berkurangnya kepekaan dan berbagai penyakit lain yang diistilahkan sebagai retirement syndrome.

Namun demikian, purnabakti bukan hanya membawa dampak yang negatif saja, tapi juga terdapat dampak positif dimana pada saat purnabakti terbebas dari ikatan dan rutinitas kerja serta menemukan kepuasan berhasil menyelesakan tugas dan kewajibannya dengan baik. Bahkan menurut Perlmutter (1981) mengatakan bahwa sebagian besar para purnabaktian menunjukkan rasa puas, tetap merasa dirinya bermanfaat dan dapat mempertahankan rasa identitasnya.

Untuk meminimalkan dampak negatif dan memaksimalkan dampak positif dari masa purnabakti perlu dilakukan persiapan melalui Workshop dan pendidikan terutama yang terkait dengan kesiapan menerima perubahan secara ikhlas, merubah paradigma, membentuk sikap mental dan pola pikir, pola hidup sehat dan bergairah, merencanakan keuangan keluarga, merancang aktivitas positif yang menguntungkan di masa purnabakti seperti berwirausaha.

 

TUJUAN WORKSHOP

Dengan mempertimbangkan kebutuhan seseorang setelah mengalami masa purnabakti dan dampak negatif serta positif setelah masa purnabakti, workshop ini didesain sedemikian rupa dengan tujuan sebagai berikut:

  • Memahami pengetahuan terkait dengan kondisi yang akan dihadapi di masa purnabakti
  •  Merubah cara pandang (shift paradigm) akan masa purnabakti yang jauh lebih produktif & kreatif
  • Menjadi lebih bahagia dan penuh rasa syukur dalam menjalani hidup di masa purnabakti
  • Meningkatkan kecerdasan spiritualnya dan semakin dekat dengan Tuhan yang Maha Kuasa
  • Terinspirasi untuk cerdas berwirausaha dan mengelola keuangan
  • Memelihara kesehatan fisik dan psikologisnya lebih baik

 

MATERI WORKSHOP PURNABAKTI

Untuk dapat mencapai tujuan workshop yang lebih bermanfaat bagi para peserta, maka Workshop purnabakti ini didesain sedemikian rupa dengan meliputi materi sebagai berikut:

1. Persiapan Kondisi Psikologis

  • Materi ini berisi hal-hal yang terkait dengan berbagai perubahan dan persoalan baru yang terjadi pada masa purnabakti serta kiat-kiat untuk mengatasinya sehingga berbagai gangguan psikologis Post Power Syndrom seperti stress dan depresi yang mungkin muncul dalam masa transisi tersebut dapat dihindari. Kesiapan seseorang dalam menghadapi masa purnabakti dapat melahirkan gairah dan harapan hidup baru . 

2. Membangun Sikap Mental Positif dan Keyakinan Diri

  • Materi ini meliputi hal-hal yang terkait dengan upaya membangun motivasi, memberi inspirasi untuk menghadapi masa purnabakti dengan penuh semangat dan rasa syukur akan bertambahnya waktu untuk beribadah, menyalurkan hobi, berkumpul bersama keluarga atau bahkan berwirausaha, bukan sebagai masa yang menjemukan dan ditakuti.

3. Kesehatan dan Kebugaran Dimasa Pensiun

  • Materi ini membekali peserta dengan pengetahuan untuk mengenali berbagai gejala penyakit dan kiat pencegahannya secara dini, pola gizi seimbang, olahraga yang teratur dan kiat-kiat lain untuk menjaga kebugaran tubuh di masa pensiun. 

4. Perencanaan Keuangan Setelah Pensiun

  • Pada sesi ini, peserta akan dibimbing untuk menyusun rencana keuangan masing-masing pada saat memasuki masa purnabakti.

5. Mengelola Investasi Uang Pensiun

  • Dana pensiun yang dimanfaatkan dengan tepat tidak hanya untuk konsumsi atau pengeluaran rutin akan tetapi disalurkan sebagian untuk investasi usaha, reksadana dan asuransi akan memberikan penghasilan tambahan serta jaminan bagi purnabakti dan keluarganya. Oleh karena itu, materi ini akan membahas kiat-kiat dalam memilih dan mengelola berbagai jenis investasi yang sesuai dan menguntungkan bagi purnabakti.

6. Mengenal Bentuk Badan/Jenis Usaha dan Resikonya

  • Seiring perkembangan dunia usaha, pilihan usaha semakin variatif dan spesifik. Setiap bidang usaha memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Pemahaman yang luas dan mendalam amat dibutuhkan oleh seorang wirausahawan untuk dapat bersaing dalam dunia usaha. Oleh karena itu, melalui materi ini peserta akan dibekali dengan pengetahuan mengenai karakteristik, bentuk badan, manajemen, resiko dan keuntungan dari sejumlah usaha.

7. Kompetensi Wirausaha dan Pengembangannya, Ide Usaha secara Kreatif

  • Seorang wirausaha dituntut untuk peka akan peluang, memiliki respon yang cepat terhadap perubahan pasar, kreatif, inovatif, gigih dan tak mudah putus asa. Selain itu, mereka harus memahami seluk beluk produk, manajemen, karyawan, dan prospek usaha yang dijalaninya. Materi ini akan membahas kompetensi dan sikap diri yang seharusnya dimiliki dan dikembangkan oleh seorang wirausahawan.

8. Pemasaran dan Manajemen Usaha Kecil

  • Pemasaran dan manajemen merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan suatu usaha. Banyak usaha yang memiliki prospek baik harus kandas ditengah jalan karena tidak didukung oleh manajemen dan pemasaran yang baik. Oleh karena itu, dalam sesi materi ini akan disampaikan berbagai teknik dan kiat pemasaran serta pola manajemen yang selama ini berkembang di dunia usaha untuk kemudian diterapkan pada usaha yang dijalani.

9. Kunjungan Lapangan

  • Untuk dapat mengoptimalkan workshop purnabakti ini diperlukan kunjungan lapangan. Kunjungan lapangan ini merupakan satu kesatuan yang terintegrasi dengan rangkaian materi yang telah diuraikan sebelumnya. Kegiatan ini dimaksudkan untuk dapat mengetahui aktivitas bisnis secara nyata sehingga dapat memotivasi peserta untuk menjadi pelaku bisnis dan menjalin kemitraan (sebagai distributor/sales agent) dengan para pelaku bisnis yang dikunjungi serta dapat menjadi inspirasi bagi peserta untuk membangun bisnis yang diminati.

 

INSTRUKTUR

Seluruh materi workshop akan disampaikan oleh para instruktur yang memiliki kompetensi di bidang spiritual, psikologi, keuangan, kesehatan dan praktisi bisnis berpengalaman.

 

PESERTA WORKSHOP

Para pegawai yang akan memasuki masa purnabakti.

 

METODE WORKSHOP

Workshop ini menggunakan metode presentasi Interaktif, diskusi, simulasi, studi kasus & studi lapangan ke tempat produksi industri kecil & UKM.

 

PELAKSANAAN WORKSHOP

Workshop akan dilaksanakan di Kota Bandung dengan durasi 3 (tiga) hari, yaitu 2 (dua) hari pembelajaran di dalam ruang kelas dan 1 (hari) hari studi lapangan ke industri & UKM setempat.

 

JADWAL :

  • Bandung, 3-5 September 2014
  • Bandung, 22-24 Oktober 2014
  • Bandung, 10-12 Desember 2014

 

 

BIAYA WORKSHOP

  • Biaya training dimaksud adalah sebesar Rp5.500.000,- (non-residential)
  • Pendaftaran paling lambat dilakukan 1 minggu sebelum tanggal pelaksanaan training/workshop.

 

FASILITAS:

Modul Training yang berkualitas (hardcopy dan softcopy), Training Kit: tas, Block Note, Ballpoint, Makan Siang, coffee / tea break, Foto bersama seluruh peserta Training.

 

About the Author:

http://www.twitter.com/avisdjamal

Post a Comment